Search title

Sunday, May 30, 2010

(A) Definasi takaful


  • Takaful sebenarnya adalah berasal dari perkataan Arab - kafala. Konsep takaful adalah mudah iaitu bertujuan mengalakkan saling tolong menolong, mewujudkan perpaduan di kalangan para peserta selari dengan konsep ta'awun. Dalam Islam, tolong menolong atau menyediakan sesuatu bantuan amatlat digalakkan.Perkataan atau istilah kata ( تكافل ) ini merupakan istilah yang relatif baru, jika dilihat tidak satupun ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan istilah takaful ini. Bahkan dalam hadits pun, juga tidak dijumpai kata yang menggunakan istilah takaful ini. Namun secara sistem keukhuwahan, takaful sudah diterapkan sejak zaman Rasulullah SAW dan para sahabatnya melalui ukhuwah dalam kehidupan bermasyarakat di Madinah pada waktu itu sebagaimana yang banyak digambarkan oleh hadits.
Pengertian Takaful Dalam Muamalah


Saling memikul risiko diantara sesama muslim sehingga antara satu dengan yang lainnya menjadi penanggung atas risiko yang lainnya. Saling pikul risiko ini dilakukan atas dasar saling tolong menolong dalam kebaikan dengan cara, setiap orang mengeluarkan sejumlah dana kebajikan (ta'barru’) yang ditujukan untuk menanggung risiko tersebut.

Takaful dengan pengertian seperti ini sesuai dengan firman Allah SWT QS. Al-Maidah/ 5 : 2 :

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى اْلإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.”

No comments:

Post a Comment